Konstruksi Pit di Tanah Pasir (Pantai)

  • 08 Februari 2023
  • Dibaca : 681 Pengunjung

Ketika kami mengikuti tender pekerjaan pembuatan rumah pompa yang lokasinya berada di pantai (tanah pasir), kami diharuskan menghitung penawaran dengan metode yang sudah disiapkan dalam dokumen tender. Dalam dokumen tender (BoQ) disebutkan pembuatan pit menggunakan sheetpile untuk dinding penahan tanah agar tidak longsor. Kami tahu bahwa memancang sheetpile ditanah pasir cukup sulit, apalagi lokasi kerja sangat sempit dan banyak kabel listrik, kabel telekomunikasi dan pedagang disekitarnya. Biaya pemindahan kabel pasti mahal, biaya mobilisasi alat pancang (crane) juga pasti mahal. Padahal volume pekerjaan tidak banyak, ukuran pit hanya berdiameter 3 meter dengan kedalaman 6 meter. Penawaran tetap menggunakan sheetpile, tapi hitungan riilnya kami modifikasi dengan metode linner plate.

Metode linner plate adalah metode pengamanan dinding galian dengan menggunakan lembaran plat baja yang dibentuk sesuai rencana. Pada pembuatan pit ini kami merencanakan bentuk bulat agar tekanan tanah merata pada seluruh dinding penahan. Lembaran-lembaran plat dibuat dengan ukuran yang mudah diangkat tenaga manusia. Pembuatan plat dilakukan di gudang/workshop. Sistim sambungan antar plat menggunakan baut. Pada bagian atas, kurang lebih sampai kedalaman 1 meter diluar linner plate harus dicor beton sebagai pemberat.

Pekerjaan galian di dalam linner plate lebih banyak dilakukan secara manual dengan tenaga manusia, kecuali pada bagian atas yang masih bisa dijangkau oleh alat berat (Excavator). Karena tanah pasir maka penggalian harus hati-hati dan sedikit demi sedikit agar tidak terjadi longsoran yang dapat membuat miring linner plate.

Konstruksi pit ini dibuat untuk memasang Prefabrication Pumping Station (PPS) yang didalamnya diisi pompa. Untuk lebih jelasnya, detail foto-foto pelaksanaan ada di Blog Nyoman Upadhana

Penulis : Nyoman Upadhana,

PT. Trijaya Nasional, Kontraktor Pelaksana Proyek Pembangunan Pompa Arjuna

News & Events

Bagaimana Silo Pabrik Semen dibangun

Detail  

Penanganan Longsor Petang sedalam 50 m

Detail  

Konstruksi Pit di Tanah Pasir (Pantai)

Detail